Selamat Datang

Kamis, 27 Oktober 2011

Mahasiswa Kok Tawuran? Malu Deeeh!

 Jadi mahasiswa? Wuih, kayaknya  impian banyak anak muda di negeri ini. Kalo ditanya mau kuliah? So pasti  jawabnya pengeeeen! Siapa yang nggak mau kuliah? Siapa yang nggak mau jadi  mahasiswa.Soalnya jadi mahasiswa itu cap intelek, pinter, cerdas, en keren.  Apalagi liat aksi reformasi tahun ‘98 lalu, penggeraknya kan mahasiswa (bukan aki-aki atau kaum  waria!). Pokoke, mahasiswa itu dianggap makhluk yang istimewa en pahlawan,  khususnya di Indonesia.Tapi sori aja, sekarang-sekarang mahasiswa itu lagi jadi buah  bibir (tapi bukan sariawan, lho!) . Bahan omongan yang jelek di masyarakat. Itu  karena mereka lagi ngaktifin ‘ekskul’ alternatif; tawuran!

Tawuran itu terjadi bukan hanya ngelawan anak-anak yang beda  kampus. Tapi dengan yang sekampus juga jadi. Ibarat main bola, dalam tawuran juga  berlaku partai derby – ngelawan klub satu kota—nah, yang ini berantem sama mahasiswa  satu kampus. Gilee man!Mahasiswa juga nggak cuma melayani tawuran antarmahasiswa.  Anak-anak UKI Di Jakarta, juga pernah tawuran ngelawan anak-anak SMA. Pokoke,  selama urusannya tawuran, siapa aja juga dilayani. Ikan bawal dalam kuali,  ente jual ane beli.Penyakit ‘bawaan’?Kalo ditanya apa penyebab mahasiswa tawuran, ngejawabnya susah.  Gara-gara masalah sepele tawuran bisa meledak. Bulan lalu dua kampus terlibat  tawuran karena temen mereka terlibat cinta segitiga di antara dua kampus itu.  Nggak terima diselingkuhi, batu ngelayang dan pukulan bertubi-tubi mendarat di  wajah. Jadi deh tawuran. Cinta emang butuh pengorbanan, terkadang darah dan  …batu! Tawuran ini kayak di SMA; diwariskan dari angkatan ke angkatan.  Kakak kelas mereka di kampus, bukannya ngewarisin harta benda apalagi deposito,  justru mewariskan permusuhan. Para junior  mereka
dikader untuk jadi milisi tawuran. Mereka juga bikin cap musuh  bebuyutan. Baik itu yang beda kampus atau yang partai derby, satu lokasi  tapi beda fakultas atau jurusan.Mahasiswa yang nggak mau ikut tawuran dicap nggak solider atau  bencong. Aih, aih jijay bajay deh eike. Selain itu mereka juga bakal  dapat sanksi sosial; dikucilin dari pergaulan. Kalo udah begitu, tawuran bisa  meledak kapan aja. Dan apa aja bisa jadi pemicu tawuran. Kalo nggak ada masalah  ya dicari-cari masalah. Jadi lebih baik nyari masalah daripada nyari kerjaan.  Karena emang kerjaannya ya tawuran.Kalo begitu, tawuran ini kayak penyakit bawaan. Bisa jadi udah  dibawa sejak jaman SMA atau malah SMP. Aktivisnya emang udah biasa ‘turun’ ke  jalan. Tawuran sejak jaman sekolah dulu. Mungkin mereka hepi banget, ternyata  di kampus juga tetep bisa nyalurin ‘bakat’ bejatnya dulu.Sobat remaja, jelas apa yang kakak-kakak mahasiswa lakukan itu  bukan teladan yang baik. Memalukan bangetz.
Manusia itu kan kudunya makin dewasa ya makin bijak.  Bukannya makin brutal. Apalagi ini statusnya mahasiswa. Jelas ilmunya sih  kudunya makin tinggi. Harusnya seperti ilmu padi, makin berisi makin cepet  dibikin nasi, eh makin merunduk.Yang namanya tawuran pastinya destruktif. Sering yang jadi korban  adalah mahluk tak bersalah, misalnya kampus. Termasuk kampus mereka sendiri.  Beberapa kali kejadian tawuran kampus juga ikutan diancurin. Lho kalo kampusnya  rusak kuliah di mana dong? Di lapangan? Nanti saingan dong ama ‘Universitas  Terbuka’.Padahal kampus itu kan  dibangun pake uang rakyat. Dari pajak en dari SPP mahasiswa. Nggak cuma pelaku  tawuran doang yang bayar SPP. Atau, jangan-jangan mereka juga suka nunggak SPP.  Apa nggak punya malu ngancurin harta rakyat negeri sendiri? Padahal, mahasiswa  itu kan  katanya makhluk yang intelek. Bukannya makin bertanggung jawab, eh malah  destruktif.Tapi namanya juga tawuran, pelakunya udah gelap mata. Mau  kampusnya ancur, mau kena DO, nggak jadi soal. Yang penting nafsu haus darah  terlampiaskan. Apalagi kalo pelakunya pake narkoba, udah deh dijamin makin  beringas kayak Van Damme lagi gelut ngelawan musuh-musuhnya.Kudu distopEmang sih nggak semua mahasiswa itu ancur. Masih banyak yang  baek-baek. Yang masih pake akal sehatnya ketika menghadapi masalah. Kita  percaya yang tawuran itu jumlahnya dikit. Tapi seperti kata pepatah; akibat  nila setitik, rusak susu sebelanga. Karena perbuatan segelintir orang, nama  baik mahasiswa jadi ternoda.
Tawuran mahasiswa bisa jadi satu gambaran bahwa masyarakat kita  ini lagi sakit. Tawuran juga dilakukan masyarakat. Ada yang antar kampung, atau antar pendukung  saat pilkada. Berarti yang kudu diobati bukan cuma  mahasiswanya, tapi juga masyarakatnya.Yup, jujur aja, masyarakat Indonesia semakin nggak ramah.  Orang gampang ngambek. Juga berani main pukul. Tingkat kriminalitas di tanah  air semakin
tinggi. Apalagi kekerasan, di mana-mana terjadi. Selain tawuran, yang kini lagi ‘ngetop’ adalah mutilasi. Udah gitu para politisinya juga banyak  yang korup. Mau jadi caleg aja pada malsuin ijazah. Gimana kalo udah jadi  pejabat atau anggota legislatif?So, bangsa ini kudu bercermin kalo udah rusak luar dalem. Yang tua  dan yang muda babak belur adu jotos.Karena ini pelakunya adalah mahasiswa, berarti dunia pendidikan  kudu bertanggung jawab. Sembilan tahun duduk di bangku sekolah (apalagi kalo  tambah TK!), ternyata belum bisa ngubah kepribadian anak bangsa. Yang narkoba,  yang gaul bebas, en yang tawuran di bangku kuliah merebak. Itu karena pendidikan  kita cuma diisi bagi-bagi ilmu (baca: transfer) tapi nggak ngebentuk  kepribadian yang bener, apalagi yang Islami. Nggak jelas mau dibentuk kayak apa  anak sekolah kita. Pinter nggak, berakhlak bagus juga nanggung.Lebih parah lagi ada aja sekolah yang mau nampung siswa  sebanyak-banyaknya, tapi nggak ngasih kurikulum dan pendidikan yang bener. Yang  penting bayaran sekolahnya lancar. Seringkali sekolah kayak gitu diisi oleh  anak-anak yang bermasalah. Bukannya dibetulin oleh sekolah, justru ditampung dan  jadi kelompok tawuran yang besar.
Dunia pendidikan kudunya ngebentuk kepribadian Islam. Idealnya  pendidikan agama sebanyak mata pelajaran sains dan teknologi. Nggak kayak  sekarang, di mana pelajaran agama hanya 2 sks. Belum lagi kalo gurunya nggak  masuk atau cuma ngasih fotokopian. Ditambah lagi materi pelajarannya seringkali  nggak up to date, alias nyetel dengan perkembangan jaman. Bete banget  tuh!Jangankan berharap pelajar kita apal juz amma atau shalat malam,  lha wong masih banyak yang belum bisa baca al-Quran aja atau belum betul  shalatnya. Jadi, apa ya tujuan pendidikan di tanah air? Apalagi kalo bukan  ngejar ijazah dan bisa cari duit.Selain itu, kudu ada tindakan tegas setiap kali ada tawuran.  Jangan cuma sanksi akademik, tapi juga
sanksi hukum.
Satu-satunya hukum yang  adil adalah hukum Islam. Dalam Islam pelaku tawuran bisa dijerat aneka hukuman;  pembegal/nakuti-nakuti orang juga qishash atau diyat. Kalo ada darah  berceceran, maka pelakunya kena qishash atau diyat. Satu jari tangan aja dihargai denda 10 ekor unta. Kalo sampai kehilangan nyawa maka 100 ekor unta  kudu dibayar, atau keluarga korban menuntut hukuman mati. Kalo cuma penjara mah enteng banget. Pelaku nggak bakal kapok, dan  pasti berencana bales dendam. Soalnya nggak ada hukuman yang bikin takut  pelakunya. Tawuran pun bakal berulang. Dijamin banget deh.Semua solusi itu nggak bakal terjadi, selama bangsa Indonesia masih  betah dengan sekulerisme-kapitalisme. Dalam sekulerisme, agama dianggap kagak  penting. Dalam kapitalisme, pendidikan dianggap penting kalo menghasilkan uang,  bukan kepribadian. Nggak peduli lulusannya mau jadi apa, yang penting SPP-nya  lancar.Rise Islam, not war!
Buat para mahasiswa, apa nggak malu tawuran? Padahal banyak  mahasiswa yang pengen dianggep paling vokal, kritis, mikirin rakyat. Semuanya  bisa jadi bohong kalo mahasiswanya sendiri berperilaku brutal. Gimana mau  mikirin rakyat kalo kampus aja diacak-acak dan kuliah sering bolos ikut  tawuran?Lama-lama, masyarakat bakal nggak percaya lagi pada mahasiswa.  Hujatan dan pandangan sinis bakal datang buat mahasiswa. Khususnya yang hobi  tawuran. Bener lho. Fakta udah banyak. Kini jadi mahasiswa tuh bukan lagi  kebanggaan, karena banyak oknum mahasiswa yang hobinya kekerasan dan tawuran.  Kalo demo aja kayaknya ngerasa bangga kalo udah ngerubuhin pagar. Apalagi pas aksi tersebut disorot kamera televisi. Duiele.. jadi kayak bintang film laga  aja. Malu-maluin ah.Selain itu, apa nggak mikir kalo perbuatan kalian itu merusak  citra mahasiswa? Juga apa nggak malu kalo perbuatan kalian itu bakal dicontoh  oleh adik-adik yang masih duduk di SMU, SMP malah SD?
Selain itu, tawuran antarmahasiswa juga rawan ditunggangi  pihak-pihak tertentu. Motifnya, ya supaya negeri ini kacau, atau motif ekonomi.  Seperti ditayangkan dalam sebuah acara di sebuah televisi swasta, seorang  pelaku ngaku kalo ada pihak yang membayar sejumlah mahasiswa untuk mengobarkan  tawuran. “Pokoknya kita kerja untuk siapa aja yang punya uang,” katanya. Astaghfirullah!Nah, para pelaku tawuran, nyadar nggak kalau kalian dijadikan boneka? Mending kalo  dapet bayaran, kalo cuma ikutan tahu-tahu mendadak benjut. Gimana? Mikir, man!  Katanya mahasiswa, malu deh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar